Pendapat Saya Sebagai Siswa Terhadap Metode Pembelajaran Jarak Jauh

Nama : Putri Rahmadini
Kelas : X MIPA 2
No. Absen : 32

Hai, assalamualaikum!

Bagaimana kabar kalian semua yang sedang membaca blog ini? Semoga sehat selalu ya!.

Pada kesempatan kali ini, tujuan saya membuat halaman blog ini adalah untuk memberikan pendapat mengenai sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). 

Sebelum itu, perlu kita ketahui bersama, menurut Wikipedia pendidikan jarak jauh adalah pendidikan formal berbasis lembaga yang peserta didik dan instrukturnya berada di lokasi terpisah sehingga memerlukan sistem telekomunikasi interaktif untuk menghubungkan keduanya dan berbagai sumber daya yang diperlukan di dalamnya. Pembelajaran elektronik (e-learning) atau pembelajaran daring (online) merupakan bagian dari pendidikan jarak jauh yang secara khusus menggabungkan teknologi elektronika dan teknologi berbasis internet.

Jadi, pendapat positif saya tentang PJJ ini, yaitu:
  1. Saya merasa senang karena punya waktu lebih banyak untuk quality time bersama orang tua dan keluarga saya.
  2. Dengan PJJ ini menjadikan saya lebih mandiri karena siswa dituntut untuk tetap memahami materi dengan cara masing-masing. Dan saya terbiasa merangkum materi dari berbagai sumber selain materi yang telah diberikan oleh guru.
  3. Merupakan alternatif yang tepat dalam situasi seperti sekarang ini, karena dapat memutus mata rantai penyebaran virus Corona.
  4. Saya jadi dapat mengatur waktu dan belajar sesuka hati, karena waktu belajar sekolah hanya sedikit.
  5. Dapat menambah wawasan saya dalam menggunakan aplikasi dan teknologi dalam proses PJJ ini.

Pendapat negatif saya tentang PJJ, yaitu:
  1. Kurang efektif, karena ada beberapa materi pelajaran yang seharusnya dijelaskan secara langsung agar pemahaman materinya lebih maksimal. Misalnya pada mata pelajaran kimia, fisika, biologi, matematika.
  2. Disisi lain saya merasa sedih karena tidak bisa bertemu dengan guru-guru dan juga teman-teman saya seperti biasanya.
  3. Saya harus memahami materi yang belum pernah saya temui secara mandiri dan kadang harus mengejar deadline.
  4. Ada beberapa mata pelajaran yang tugasnya jauh lebih banyak dibanding sekolah offline.
  5. Saya lebih senang belajar tatap muka karena jika saya menemukan masalah dalam pelajaran maka saya bisa langsung menanyakan solusi kepada guru yang bersangkutan.
  6. Tidak dapat berinteraksi dengan siswa lainnya.

Demikian pendapat positif dan pendapat negatif saya mengenai Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), semoga dengan ini dapat menambah wawasan kita mengenai perubahan sistem pembelajaran yang sedang kita alami. Mohon maaf apabila ada kekurangan, terima kasih.

Wassalamualaikum wr. wb

Komentar

Populer